FAQ - Ibadah & Ukuwwah

Ramadhan 1442 H

Bulan Ramadhan Bulan Penuh Ampunan Bulan Diturunkannya Al-Quran

Team ICT | Selasa, 13 April 2021 - 08:49:05 WIB | dibaca: 1 pembaca

Alhamdulillah, tibalah kita pada bulan yang dinantikan oleh umat islam di seluruh dunia yaitu bulan suci Ramadhan, bulan yang penuh ampunan dan bulan yang penuh keberkahan.

Puasa Ramadhan hukumnya wajib. Allah SWT berfirman dalam Q.S Al-Baqarah : 183

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Yang artinya : " wahainorang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertaqwa ". 

Bulan suci Ramadhan merupakan kesempatan bagi setiap hamba Allah untuk lebih meningkatkan ketaqwaan. Ramadhan bulan diturunkannya Al-Quran. Diturunkannya Al-Quran pada bulan Ramadhan menjadi bukti nyata atas kemuliaan dan keutamaan bulan Ramadhan. 

Allah S.W.T berfirman dalam Q.S Al-Baqarah : 185

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيْٓ اُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنٰتٍ مِّنَ الْهُدٰى وَالْفُرْقَانِۚ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ

Artinya : Bulan Ramadhan adalah (bulan) yang didalamnya diturunkan Al-Quran, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil). Karena itu barang siapa diantara kamu di bulan itu, maka berpuasalah. 

Tentunya di masa pandemi seperti sekarang ini kita tetap harus menerapkan protokol kesehatan yaitu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer. 

Penulis : Heryawan
Editor : Afdau










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)