Teknologi

Halalgoogling, Mesin Pencari Alternatif yang Halal

Team ICT | Sabtu, 30 Mei 2015 - 12:17:28 WIB | dibaca: 3 pembaca

Setelah melihat dari kenyataan yang ada dimana banyak sekali konten yang tidak islami muncul di internet terutama yang dengan mudah dicari oleh mesin pencari terfavorit saat ini yaitu google, baru-baru ini telah diluncurkan sebuah mesin pencari yang islami dan hanya akan memunculkan konten-konten yang tidak dilarang dalam Islam. Demikian berita yang kami lansir dari al-arabiya.

Situs pencari yang bernama halalgoogling.com itu akan memblock situs-situs yang haram dan dilarang dalam Islam, mesin penari ini memiliki system filterisasi sendiri.

Selain memfilter situs-situs yang dilarang oleh Islam, halalgoogling juga melakukan filterisasi atas keyword yang akan dicari. Ketika penulis mencoba untuk menguji beberapa kata haram dan sensitive di situs tersebut, terlihat bila situs tersebut bisa memfilternya dengan baik.

Menurut mesin pencari ini, mereka memiliki 4 komponen utama yang menjadi dasar filterisasi mereka yaitu:

General category filtering – yaitu komponen yang menitik beratkan untuk memfilter kategori

Forbidden sites – filter terhadap situs-situs yang telah masuk ke dalam daftar black list mereka

Link filtering – sebuah feature untuk menghapus situs-situs, blog dan forum dari hasil pencarian mesin mereka

Haram Keywords – yaitu filter terhadap keyword-keyword haram yang masuk kedalam daftar black list keyword

"Meskipun kita telah melakukan yang terbaik untuk membuat service kami seaman mungkin dari konten haram, namun masih banyak yang harus dikerjakan, kita masih ada milestone yang harus diatasi, namun dengan ijin Tuhan (insha Allah) dan dengan bantuan anda, kita akan membuat Halalgoogling cocok untuk setiap warga muslim baik laki-laki maupun perempuan untuk meraih tujuan bersama", demikian menurut pernyataan mereka di blog mereka.

Menurut harian Express Tribune dari Pakistan, "filter haram" telah dikembangkan oleh team berpengalamn yang berasal dari seluruh dunia yang telah berusaha untuk menentukan konten haram dan melindungi muslim yang tidak ingin melakukan pencarian terhadap sesuatu dan melihat konten haram.

Halalgoogling sebetulnya bukan satu-satu search engine yang menawarkan pencarian halal di Internet. Sebutlah Alwahy.com dan Halallsearch.com yang menawarkan hal yang sama, namun diharapkan halalgoogling akan menjadi kompetitor dibidang ini. Salah satu kelebihan lain dari halalgoogling adalah menyediakan forum untuk diskusi Islam dan menyediakan pendidikan tentang Islam.

Namun demikian, respond dari pengguna Twitter kurang antusias, bahkan beberapa pengguna seolah mengejeknya karena melihat search engine ini hanyalah sebuah bentuk sensorsip.

Website yang hampir sama juga hadir untuk aliran agama yang lainnya, seperti misalnya Jewogle, sebuah parodi Google yang khusus untuk warga yahudi atau Seekfind.org, sebuah situs Kristen yang memberikan filter untuk melindungi penggunanya dari website yang menyerang keyakinan Kristen.(nm)










Komentar Via Website : 3
obat tradisional penyakit sesak nafas
15 Agustus 2018 - 11:26:36 WIB
terimakasih informasinya http://goo.gl/ccpkVQ
Cara Mengobati Radang Dan Infeksi Empedu
19 Oktober 2018 - 13:57:14 WIB
Terimakasih, Semoga bermanfaat ..... https://goo.gl/UG5SdS
Cara Mengatasi Tipes Pada Anak
22 Oktober 2018 - 10:27:49 WIB
Terimakasih, Semoga bermanfaat ..... https://goo.gl/YffyUN
AwalKembali 1 LanjutAkhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)